KETAPANG-RADAR- Serangkaian roadshow yang dimotori Sidomuncul, sebuah perusahaan dengan produk aneka jamu yang dikemas modern menapakkan jejaknya di kota Ale-ale Ketapang. Roadshow kali ini Sidomuncul memberikan bantuan untuk 1000 anak yatim piatu dari 12 panti asuhan. Saat roadshow di Pontianak perusahaan ini memberikan bantuan kepada sejumlah balita bergizi buruk. Gawe bhaksi sosial, roadshow di Ketapang digelar di Panti Asuhan Yatama kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang.
Tampak hadir dalam acara tersebut Sekda Ketapang, Drs. Bachtiar, mewakili Pemerintah Kabupaten Ketapang, unsur muspida, para pengurus Yayasan, serta tidak kurang dari 400 anak yatim piatu dan warga sekitarnya.
Wajah ceria anak-anak panti asuhan semakin merekah saat dua bintang iklan andalan Sidomuncul, Doni Kusuma dan Rieke “Oneng” Dyah Pitaloka mengajak anak-anak panti bernyanyi. Kedua bintang ini bernyanyi bersama anak-anak panti sembari membagikan hadiah.
Meski saat itu hujan deras mengguyur kota Ketapang, namun tak membuat keceriaan anak panti untuk dapat berdekatan dengan kedua artis ibu kota sebagai maskot Sido Muncul.
Penyerahan bantuan dana sebesar 50 juta secara secara simbolis diserahkan Dirut PT. Sido Muncul, Irwan Hidayat kepada Drs. Bachtiar yang mewakili Pemerintah Kabupaten Ketapang, didampingi beberapa artis yang membintangi produk Sidomuncul seperti Rieke Dyah Pitaloka, Donny Kesuma.
Selanjutnya sekda menyerahkan bantuan kepada H.Firdaus yang mewakili seluruh pengurus Panti Asuhan Anak Yatim se Kabupaten Ketapang.
Direktur Utama PT SidoMuncul, Irwan Hidayat menjelaskan, kegiatan ini sudah dilakukan sejak setahun yang lalu dan telah dilaksanakan hampir diseluruh wilayah RI. “Sebelumnya kami telah berkunjung ke Grobogan, Banjarmasin. Setelah di Ketapang kami akan ke NTT dan Lampung”, ujar Irwan saat jumpa pers usai kegiatan tersebut.
“Saya berpikir kegiatan seperti ini adalah merupakan ekspresi yang terbaik untuk memberi perhatian kepada anak yatim. Dengan cara ini saya dapat meluangkan waktu untuk berkunjung kepanti asuhan, membagi rasa dan rezeki kepada anak yatim agar dapat bermanfaat bagi anak-anak. Tapi yang terpenting bagi saya bisa datang langsung bertemu degan anak-anak di Ketapang “, Ujarnya.
Pemerintah, kata Irwan, saat sekarang pada kondisi yang sulit, apalagi dengan naiknya BBM, yang diikuti kenaikan barang-barang, dan kenaikan biaya produksi.
“Kami berusaha tidak menaikan harga prodak kami, kami melakukan efisiensi, dengan menghemat penggunaan listrik di pabrik, di kantor maupun kendaraan. Dan kami bersedia keuntungannya berkurang”, paparnya..
Bahkan kata Irwan, sampai saat ini PT Sido Muncul belum pernah melakukan PHK terhadap karyawan yang diakibatkan situasi ekonomi yang serba sulit.
“Tahun 2005 lalu karyawan kami sebanyak 2000 orang dan sekarang bertambah menjadi 5000 orang”, ujarnya. Kegiatan Roadshow kali di Ketapang ini disambut hangat dan antusias oleh anak-anak yatim dan warga sekitanya, karena mereka selama ini hanya dapat melihat bintang iklan di layar kaca. Tapi saat itu mereka dapat langsung bertatap muka bahkan ada yang menggunakan kesempatan ini untuk photo bersama dengan bintang iklan Rieke Diah Pita Loka dan Doni Kusuma.
Wajah-wajah gembira anak-anak yatim piatu tampak jelas terlihat diekpresi mereka. Bahkan mereka gembiranya mampu memompa adrenalin mereka untuk tampil satu peratu ke depan ikut bernyanyi bersama Rieke dan Doni yang dengan canda dan gelak tawanya menghibur semua yang hadir saat itu...(alwiadi)